Wednesday, April 9, 2008

Projek-projek Astronomi Untuk Pemula: Mengidentifikasi Langit

Projek-projek Praktis Bagi Pemula dalam Astronomi: Mengidentifikasi Langit

1. Timur-barat
Walaupun sudah diajarkan semenjak SD namun sedikit orang yang benar-benar tahu dimana sebenarnya arah timur dan barat. Menghadaplah ke arah Matahari ketika baru terbit di pagi hari, arah anda menghadap adalah arah timur, dan dibelakang anda adalah arah barat. Matahari selalu terbit di timur dan tenggelam di barat.

2. Utara-selatan
Sama dengan projek sebelumnya, anda diminta untuk mengidentifikasi arah utara dan selatan. Jika anda menghadap ke timur maka di sebelah kanan anda adalah selatan dan di sebelah kiri anda adalah utara.

3. Horizon
Jika anda meluaskan pandangan anda maka anda bisa mendapati garis yang mempertemukan langit dan tanah, daerah ini dinamakan horizon atau kaki langit. Jika anda berada di pantai maka anda bisa melihat horizon dengan lebih mudah, perhatikan garis yangmempertemukan langit dengan laut.

4. Bumi itu bulat
Salah satu percobaan paling terkenal untuk membuktikan Bumi itu bulat adalah dengan mengamati pergerakan kapal yang mendekat ke pelabuhan. Pertama kali yang bisa kita lihat adalah asap si kapal yang muncul di horizon, kemudian menyusul cerobong asap, baru kemudian kita bisa melihat keseluruhan badan kapal. Percobaan ini dilakukan ketika manusia belum menemukan roket. Setelah era roket manusia bisa memotret Bumi dari angkasa dan hasilnya adalah Bumi memang bulat melalui bukti foto.

5. Zenit-nadir
Titik di langit yang persis di atas kepala anda disebut zenit. Lawan kata dari zenit adalah nadir, yaitu titik langit yang persis ada di bawah kaki kita (tentu saja kita tidak bisa melihatnya)

6. Meridian
Jika kita menghubungkan titik utara dan selatan dengan sebuah garis yang melewati zenit maka garis yang terbentk disebut meridian.


Setelah mengetahui timur-barat, utara-selatan dan meridian maka anda telah berhasil mengawali kegiatan identifikasi langit. Berikutnya kita akan mengenali drama apa saja yang terjadi di langit, drama ini akan melibatkan benda-benda langit seperti Matahari, Bulan, dan bintang.

7. Lintasan harian Matahari
Setelah terbit di timur matahari memiliki tujuan untuk tenggelam di barat. Untuk sukses mencapai tujuannya maka Matahari harus bergerak naik hingga mencapai meridian di siang hari kemudian setelah mencapai meridian Matahari akan turun lalu tenggelam di barat. Peristiwa ini terjadi setiap hari dan jika kita tidak memperhatikan maka kita tidak akan sadar dengan pergerakan ini.

8. Lintasan harian bintang
Bintang ternyata juga melakukan gerakan yang sama dengan gerakan matahari. Bintang terbit di timur kemudian tenggelam di barat, diantara waktu terbit tenggelam bintang harus bergerak melewati meridian. Jika mengamati rasi Salib Selatan maka anda akan lebih mudah mengidentifikasi pergerakan ini. Pada awalnya salib akan terbit di timur dalam posisi berbaring kemudian semakin naik ke atas hingga mencapai meridian. Di meridian salib akan berdiri tegak kemudian salib akan bergerak turun ke barat dan tenggelam dalam posisi berbaring.

9. Waktu terbit-tenggelam
Waktu yang dibutuhkan matahari untuk terbit dan tenggelam adalah kira-kira 12 jam. Bintang juga membutuhkan waktu yang sama untuk terbit dan tenggelam yaitu 12 jam. Karena Matahari muncul di siang hari selama 12 jam dan bintang muncul di malam hari selama 12 jam maka todal waktu siang dan malam adalah 24 jam.

10. Bumi itu berputar
Bumi yang bulat ini berputar pada sumbunya atau berotasi. Gerakan rotasi inilah yang membuat seolah-olah Mataharilah yang bergerak mengelilingi Bumi. Hal yang sama juga terjadi pada bintang, karena rotasi Bumi bintang tampak bergerak mengelilingi Bumi. Bukti paling meyakinkan mengenai perputaran Bumi adalah percobaan pendulum yang dilakukan oleh Foucoult di Perancis. Dalam percobaan Foucoult, arah ayunan pendulum akan berubah terhadap suatu titik acuan di Bumi dan statis terhadap posisi bintang-bintang. Percobaan Foucoult akan lebih mudah jika dilakukan di kutub utara atau kutub selatan Bumi.

1 comment:

Unknown said...

Terima Kasih atas Infonya Kang... Salam Persahabatan dari saya, apabila akang minat saya ada Ring Cincin Batu Akik dan Emban Cincin Anak anak yang harganya murah dan Emban Cincin Wanita barang berkualitas dan Emban Titanium model terbaru, ada juga Emban Perak kami menyediakan banyak kang..., dan ada Emban Cincin Germanium , Emban Cincin Akik dan Ring Cincin Batu Akik semua harga grosir kang.., barang berkualitas dan harganya lebih murah.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More