Sunday, April 27, 2008

Memotret Saturnus

Jika ada planet yang terus bergelantungan di langit malam bulan Mei maka planet itu adalah Saturnus. Saturnus saat ini memiliki magnitudo 0.8, berada dekat Regulus yang bermagnitudo 1.3.

Beberapa minggu yang lalu pada sesi pengetesan teleskop, saya dan beberapa teman mengabadikan Saturnus dengan CCD. Pertama-tama kami mengambil 50 frame foto untuk masing-masing filter RGB (Red, Green, Blue). Kemudian dari 50 foto pada masing-masing filter kami pilih 15 foto terbaik untuk kemudian kami jadikan frame tunggal terbaik. Setelah mendapatkan frame terbaik untuk masing-masing filter, dilakukan penggabungan yang menghasilkan satu frame yang berwarna. Hasilnya terlihat seperti foto di sebelah.

Saturnus kelihatan kecil karena medan pandang CCD sangat besar, detail Saturnus jadi tidak terlihat baik. Bisa terlihat juga cincin Saturnus mengecil dari pandangan. Dalam waktu beberapa bulan lagi cincin Saturnus akan benar-benar menghilang untuk beberapa waktu untuk kemudian terlihat lagi. Cincin saturnus terdiri dari kristal es kecil dengan ketebalan cincin berkisar 30 m hingga 100 m.

2 comments:

torasham said...

wow, trims buat trip and triksnya mas....
akan saya coba...

Unknown said...

Terima Kasih atas Infonya Kang... Salam Persahabatan dari saya, apabila akang minat saya ada Ring Cincin Batu Akik dan Emban Cincin Anak anak yang harganya murah dan Emban Cincin Wanita barang berkualitas dan Emban Titanium model terbaru, ada juga Emban Perak kami menyediakan banyak kang..., dan ada Emban Cincin Germanium , Emban Cincin Akik dan Ring Cincin Batu Akik semua harga grosir kang.., barang berkualitas dan harganya lebih murah.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More