Wednesday, December 10, 2008

Review Teleskop: Celestron AstroMaster 130EQ

Produk low end Celestron yang satu ini tidak diragukan lagi telah benar-benar tampak sebagai teleskop :). Harganya sekitar 3 hingga 3.5 juta rupiah. Paket lengkap teleskop ini adalah tabung teleskop, eyepiece, red dot finder, mounting ekuatorial, batang gerak halus, counterweight, piringan eyepiece, dan tripod. Sebagai bonus, disertakan software peta bintang the Sky dengan database yang terbatas.

Tabung teleskop bertipe newtonian karena itu untuk meneropong objek harus dilakukan dari samping teleskop dekat dengan moncong teleskop. Tipe ewtonian adalah salah satu tipe sitem optik yang banyak diminati oleh astronom amatir. Badan teleskop terasa cukup kokoh, balutan warna biru gelap khas Celestron menambah kesan tersebut. Dengan harga focal ratio sebesar 5, teleskop memiliki medan pandang yang super lebar. Jupiter tampak jelas dengan perbesaran 32.5 kali. Ketika saya arahkan ke M6 dan M7 saya mendapat bayangan objek yang jelas.

Tabung teleskop dipasangkan ke dovetail dengan dua buah cincin yang dapat dibongkar pasang dengan mudah. Mounting ekuatorial teleskop ini cukup kokoh. Penguncian dapat dilakukan dengan mudah. Untuk menggeser teleskop ketika terkunci dapat digunakan batang gerak halus.

Dibandingkan dengan tripod berbahan alumunium, tripod teleskop ini cerasa cukup baik dan kokoh. Dengan piringan eyepiece yang berada di antara kaki tripod kita dapat meletakkan eyepiece.

Merakitan teleskop ini adalah mudah dan cepat. Bahkan untuk pemula sekalipun tidak butuh waktu lebih dari 15 menit untuk menyelesaikan pemasangan. Sebelum melakukan pengamatan jangan lupa untuk menyesuaikan posisi alingment utara-selatan, dan menentukan lintang pengamatan. Jangan lupa pula untuk melakukan penyeimbangan teleskop dengan bantuan counterweight.

Sebagai teleskop pemula, teleskop ini nyaris sempurna kecuali satu hal yang dirasa tidak menguntungkan yaitu red dot finder. Posisi red dot finder mepet sekali ke tabung teleskop. Selain itu posisinya juga mepet dengan eyepiece sehingga makin menulitkan. Akibatnya proses pembidikan terasa tidak nyaman. Sistem red dot finder yang digunakan pada teleskop ini memungkinkan pengamat mengalami efek paralaks. Saya mengalami kesulitan untuk membidik objek langit.

Medan pandang yang lebar membuat teleskop ini cocok untuk astrofotografi objek langit dalam seperti gugus bintang, nebula, galaksi. Namun sangat disayangkan teleskop ini tidak memiliki motor penggerak untuk mengikuti pergerakan benda langit. Namun jangan kecewa, aktivitas astrofotografi ringan tetap dapat dilakukan dengan teleskop ini. Dengan menempelkan kamera saku ke eyepiece teleskop anda sudah bisa melakukan pemotretan. Teknik lain adalah menggunakan video khusus astronomi atau webcam yang telah dimodifikasi untuk melakukan pemotretan. Objek pemotretan yang bisa didapatkan dengan dua teknik sebelumnya antara lain: Bulan, Venus, Jupiter, dan Saturnus.

Bagi pemula astronomi dan pecinta pengamatan visual, teleskop ini saya rekomendasikan. Penggunaannya yang mudah disertai kualitas optik yang baik akan mendukung kegiatan pengamatan anda. Untuk pemula astrofotografi, teleskop ini akan menjadi sahabat yang baik. Selamat mengamat!

3 comments:

Anonymous said...

mas anton,
minta tolong infonya di mana yg menjual teleskop untuk deep space object di sekitar bandung/jakarta.

thx,
halim@askom.co.id

n'jung said...

Mantab reviewnya pak, sy baru beli teleskop cl. astromaster 130EQ, pake eyepieces yg 10mm jupiter kelihatan tp kok masih kliatan kecil banget ya,gak kelihatan detail,2 bulan terdekat jupiternya kelihatan kayak bintang kecil banget,pake eyepieces 20mm malah lebih sulit lihatnya apakah emang begitu citra nya atau apakah bisa lebih detail lagi apakah ada tehnik tersendiri biar jupiternya lebih besar n detil, jujur saja kurang puas hehehe.. makasih sebelumnya pak.

Muhammad said...

I am plannign to buy Celestron Astromaster 130 AZ Telescope https://goo.gl/Aw47fn
here is the specs suggest me good one
Newtonian Reflector
130 mm (5.12 in)
650 mm (26 in)
f/5
20 mm (0.79 in)
33 x
10 mm (0.39 in)
2 65 x
Built-on StarPointer
307 x
19 x
13.1
1.07 arc seconds
0.89 arc seconds
(Compared to human eye) 345 x
Celestron Astro Master 130.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More