Wednesday, June 6, 2007

Centaurus A

Ini adalah foto galaksi centaurus-A, sumber radio terbesar di langit. Galaksi ini jauh di selatan sehingga hanya orang selatan yang bisa meneropongnya.

Foto ini diambil oleh Denny Mandey, menggunakan teleskop celestron Nexstar GPS 8", CCD ST8, dan filter BVR. Pengolahan citra saya yang melakukannya, menggunakan IRIS.

Foto-foto dalam astronomi merupakan gabungan dari beberapa foto dari jendela panjang gelombang yang berbeda. Foto ini gabungan jendela B + V + R.


Jika anda perhatikan lebih baik nampak bahwa jendela V menghasilkan foto yang lebih redup dibandingkan dua jendela lainnya. Perbedaan kecerlangan benda langit padajendela panjang gelombang yang berbeda disebabkan oleh karakter intrinsik benda langit tersebut.

Kita ambil contoh matahari. Jika kita memotret matahari pada panjang gelombang biru, kuning, dan merah maka kita akan mendapatkan matahari tampak lebih cerlang pada panjang gelombang kuning. Tentu saja ini menjelaskan bahwa puncak kecerlangan matahari ada pada panjang gelombang kuning (Contoh ini benar selama kita menganggap alat yang kita gunakan berkelakuan sama dalam mendeteksi jendela panjang gelombang yang berbeda).

Proses menggabungkan warna kita kenal juga pada televisi berwarna. Televisi tersusun dari pipa-pipa mini berdekatan yang memiliki tiga warna yaitu merah hijau dan biru. Televisi terlihat berwarna akibat gabungan dari tiga warna tersebut dalam intensitas yang berbeda-beda.

Pada televisi berwarna kita sebenarnya tidak mengenal konsep "warna hitam". Hitam pada layar televisi terjadi ketika intensitas tiga warna diperkecil serendah mungkin.

Setelah menggabungkan tiga foto yang berbeda dan menampihnya sebagai merah, hijau dan biru maka sebuah foto berwarna tercipta.

Semua titik terang yang terlihat pada foto ini adalah bintang pada galaksi Bima Sakti. Sementara Galaksi Centaurus A berada jauh di luar Bima Sakti.

Yang menjadi cirikhas dari galaksi Centaurus-A adalah pola celah hitam yang membelah bundaran galaksi. Celah ini adalah materi antar bintang pada galaksi yang menghalangi cahaya untuk sampai ke Bumi.

Terimakasih buat Denny yang sudah memberi izin kepada saya untuk mengolah
fotonya.

1 comment:

Unknown said...

Terima Kasih atas Infonya Kang... Salam Persahabatan dari saya, apabila akang minat saya ada Ring Cincin Batu Akik dan Emban Cincin Anak anak yang harganya murah dan Emban Cincin Wanita barang berkualitas dan Emban Titanium model terbaru, ada juga Emban Perak kami menyediakan banyak kang..., dan ada Emban Cincin Germanium , Emban Cincin Akik dan Ring Cincin Batu Akik semua harga grosir kang.., barang berkualitas dan harganya lebih murah.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More