Saturday, May 12, 2007

Transit Ganymede

Kemarin malam, 11 Mei 2007, Ganymede melintas di depan Jupiter. Peristiwa transit ini sangat spetakuler karena sebelum transit bayangan Ganymede sempat jatuh di permukaan Jupiter. Selain itu terdapat suatu momen ketika kita bisa menikmati Ganymede, bayangan Ganymede, dan Bintik Merah Besar dalam waktu bersamaan.

Peristiwa langka ini dimulai sekira setengah jam sebelum pukul 24.00 WIB dan berlanjut hingga pukul 03.32 WIB.


Ensiklo

Jupiter adalah planet terbesar di tatasurya, radiusnya 143.000 km. Terdapat pita terang-gelap pada atmosfernya. Kandungan Jupiter yang berupa amoniak, sulfur, fosfor, dan beberapa elemen lain, membentuk struktur pita terang-gelap. Sebagian besar Jupiter berupa gas. Ilmuwan meyakini Jupiter memiliki inti yang padat, terdiri dari magnesium, besi, dan silikon. Massa inti Jupiter diperkirakan 15 kali massa Bumi. Di sekeliling inti Jupiter terdapat lapisan hidrogen metalik (yaitu hidrogen dalam fasa padat). Jupiter memancarkan cahaya dua kali dibandingkan cahaya yang diterimanya dari matahari. Fitur terkenal dari Jupiter adalah Bintik Merah Besar.

Bintik Merah Besar merupakan aktivitas badai dahsyat yang berlangsung (setidaknya) ratusan tahun. Ukuran Bintik Merah Besar mencapai tiga kali diamater Bumi.

Ganymede adalah satelit dengan radius 5260 km atau 80% radius Bumi. Periode orbit Ganymede mengelilingi Jupiter adalah sekitar 7 hari.

Transit adalah peristiwa melintasnya suatu objek langit di hadapan objek langit lainnya. Salah satu contoh transit yang paling populer adalah gerhana matahari. Gerhana matahari terjadi ketika bulan melintas di depan piringan matahari.

1 comment:

Unknown said...

Terima Kasih atas Infonya Kang... Salam Persahabatan dari saya, apabila akang minat saya ada Ring Cincin Batu Akik dan Emban Cincin Anak anak yang harganya murah dan Emban Cincin Wanita barang berkualitas dan Emban Titanium model terbaru, ada juga Emban Perak kami menyediakan banyak kang..., dan ada Emban Cincin Germanium , Emban Cincin Akik dan Ring Cincin Batu Akik semua harga grosir kang.., barang berkualitas dan harganya lebih murah.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More